EDUKASI YANG DIPIMPIN PERAWAT UNTUK PERAWATAN AKSES VASKULAR JANGKA PANJANG PADA HEMODIALISIS: SISTEMATIK LITERATURE REVIEW

Authors

  • Heri Nur Cahyanto Universitas Strada Indonesia
  • Devis Enjelia Universitas Strada Indonesia
  • Susi Susanah Universitas Strada Indonesia
  • Hesti Adja Universitas Strada Indonesia
  • Rio Herwanto Universitas Strada Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.59894/jpkk.v5i4.1010

Keywords:

Hemodialisis; Akses vaskular; AVF; Edukasi dipimpin perawat; Perawatan mandiri

Abstract

Latar belakang: Keberhasilan hemodialisis sangat bergantung pada akses vaskular jangka panjang yang berfungsi baik. Infeksi, trombosis, dan kegagalan maturasi merupakan penyebab utama morbiditas dan rawat inap, yang kerap terkait keterbatasan pengetahuan dan praktik perawatan mandiri. Edukasi yang dipimpin perawat dipandang kunci untuk memberdayakan pasien. Tujuan: Mengevaluasi efektivitas strategi edukasi yang dipimpin perawat terhadap pengetahuan, praktik perawatan mandiri, dan luaran klinis akses vaskular pada pasien hemodialisis. Metode: Tinjauan sistematis mengikuti pedoman PRISMA 2020. Pencarian dilakukan di PubMed, Scopus, dan Cochrane Library untuk publikasi Januari 2010–Desember 2024. Rekaman diimpor ke Covidence untuk deduplikasi, penyaringan dua penelaah, telaah teks penuh, dan pencatatan alasan eksklusi. Kriteria inklusi: uji terkontrol pada pasien hemodialisis dewasa yang mengevaluasi intervensi edukasi dipimpin perawat dengan luaran pengetahuan, perilaku perawatan mandiri, dan/atau luaran klinis (infeksi, trombosis/oklusi, maturasi/patensi, rawat inap). Risiko bias dinilai dengan RoB 2 (RCT) dan ROBINS‑I (studi quasi). Karena heterogenitas tinggi, dilakukan sintesis naratif. Hasil: Termasuk 15 studi dari 9 negara (1.824 pasien): 11 RCT dan 4 studi quasi‑eksperimental terkontrol. Modalitas intervensi meliputi sesi tatap muka terstruktur dan demonstrasi keterampilan, booklet/multimedia/video, dukungan internet/telehealth/aplikasi seluler, serta program latihan pascaoperasi yang diawasi perawat. Sebanyak 13 dari 15 studi melaporkan peningkatan bermakna pada pengetahuan dan/atau perilaku perawatan mandiri (p<0,05). Beberapa studi menunjukkan perbaikan luaran klinis, termasuk penurunan kegagalan maturasi dan percepatan maturasi AVF, serta penurunan infeksi dan trombosis dibanding perawatan standar. Penilaian risiko bias menunjukkan sebagian besar RCT berada pada kategori rendah hingga some concerns, sedangkan studi quasi cenderung moderat hingga tinggi karena keterbatasan perancangan dan pengukuran. Kesimpulan: Bukti yang ada mendukung program edukasi terstruktur yang dipimpin perawat untuk meningkatkan pengetahuan dan perilaku perawatan mandiri, dengan sinyal kuat ke arah perbaikan luaran klinis akses vaskular. Diperlukan standarisasi protokol, pelaporan outcome inti yang seragam, RCT multicenter dengan tindak lanjut ≥6–12 bulan, serta evaluasi biaya‑efektivitas untuk memperkuat generalisasi dan adopsi sebagai standar layanan.

References

Almenara-Tejederas, M., Rodríguez-Pérez, M. A., Moyano-Franco, M. J., de Cueto-López, M., Rodríguez-Baño, J., & Salgueira-Lazo, M. (2023). Tunneled catheter-related bacteremia in hemodialysis patients: incidence, risk factors and outcomes. A 14-year observational study. Journal of Nephrology, 36(1), 203–212. https://doi.org/10.1007/s40620-022-01408-8

Cahyanto, H. N., Zulkarnain, O., & Rahagia, R. (2024). Pengembangan Deteksi Dini Dan Asuhan Keperawatan Pada Kanker Menggunakan Artificial Intelligence (Ai) Berbasis Web. PREPOTIF, 8, 7511–7518.

Jung, M. J., & Roh, Y. S. (2020). Factors influencing the patient education performance of hemodialysis unit nurses. Patient Education and Counseling, 103(12), 2483–2488. https://doi.org/10.1016/j.pec.2020.06.010

Lee, H., Baek, G., & Lee, E. (2023). Effects of an arteriovenous fistula stenosis prevention program in patients receiving hemodialysis. Osong Public Health and Research Perspectives, 14(4), 279–290. https://doi.org/10.24171/j.phrp.2023.0101

Lok, C. E., Huber, T. S., Lee, T., Shenoy, S., Yevzlin, A. S., Abreo, K., Allon, M., Asif, A., Astor, B. C., Glickman, M. H., Graham, J., Moist, L. M., Rajan, D. K., Roberts, C., Vachharajani, T. J., & Valentini, R. P. (2020). KDOQI Clinical Practice Guideline for Vascular Access: 2019 Update. American Journal of Kidney Diseases, 75(4), S1–S164. https://doi.org/10.1053/j.ajkd.2019.12.001

Lok, C. E., Yuo, T., & Lee, T. (2025). Hemodialysis Vascular Access: Core Curriculum 2025. American Journal of Kidney Diseases, 85(2), 236–252. https://doi.org/10.1053/j.ajkd.2024.05.021

Murphy, D., Jha, V., & Banerjee, D. (2023). Diabetes and CKD. Management of Kidney Diseases, 105(4), 147–166. https://doi.org/10.1007/978-3-031-09131-5_10

Page, M. J., McKenzie, J. E., Bossuyt, P. M., Boutron, I., Hoffmann, T. C., Mulrow, C. D., Shamseer, L., Tetzlaff, J. M., Akl, E. A., & Brennan, S. E. (2021). The PRISMA 2020 statement: an updated guideline for reporting systematic reviews. Bmj, 372.

Sajjadi, S. L., Ghafourifard, M., & Tayebi Khosroshahi, H. (2025). The effect of nurse-led individualized education on uncertainty in illness and patient activation in patients undergoing hemodialysis: the IDEAL HD project. Renal Replacement Therapy 2025 11:1, 11(1), 1–10. https://rrtjournal.biomedcentral.com/articles/10.1186/s41100-025-00641-8

Venegas-Ramírez, J., Hernández-Fuentes, G. A., Palomares, C. S., Diaz-Martinez, J., Navarro-Cuellar, J. I., Calvo-Soto, P., Duran, C., Tapia-Vargas, R., Espíritu-Mojarro, A. C., Figueroa-Gutiérrez, A., Guzmán-Esquivel, J., Antonio-Flores, D., Meza-Robles, C., & Delgado-Enciso, I. (2025). Vascular Access Type and Survival Outcomes in Hemodialysis Patients: A Seven-Year Cohort Study. Medicina (Lithuania), 61(4), 1–19. https://doi.org/10.3390/medicina61040584

Wembenyui, C., Marsh, N., Larsen, E., & Bonner, A. (2025). Educational or Behavioural Interventions to Improve Long-Term Haemodialysis Vascular Access Self-Management: A Systematic Review. Journal of Renal Care, 51(1). https://doi.org/10.1111/jorc.70005

Downloads

Published

2025-07-31

How to Cite

Cahyanto, H. N., Enjelia, D., Susanah, S., Adja, H., & Herwanto, R. (2025). EDUKASI YANG DIPIMPIN PERAWAT UNTUK PERAWATAN AKSES VASKULAR JANGKA PANJANG PADA HEMODIALISIS: SISTEMATIK LITERATURE REVIEW. Jurnal Penelitian Keperawatan Kontemporer, 5(4). https://doi.org/10.59894/jpkk.v5i4.1010

Issue

Section

Articles