HUBUNGAN POLA MAKAN DENGAN KEJADIAN ASAM URAT PADA USIA DEWASA 35-50 TAHUN DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS BABADAN KABUPATEN PONOROGO

Authors

  • Wancuk Oktyonok Institut Kesehatan Dan Bisnis Surabaya
  • rasi rahagia institut kesehatan dan bisnis surabaya
  • eko budi santoso institut kesehatan dan bisnis surabaya

Keywords:

pola makan, asam urat, purin

Abstract

Penyebab penyakit asam urat bisa karenakan pola makan yang tidak baik dengan kandungan purin didalam makanan yang tinggi. Penyakit asam urat bisa dicegah dengan menerapkan pola makan dan kebiasaan makan yang baik. Berdasarkan hal tersebut, kesadaran masyarakat tentang mengkonsumsi makanan yang rendah purin sangat penting untuk diperhatikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Hubungan Pola Makan Dengan Kejadian Asam Urat Pada Usia Dewasa 35-50 Tahun Di Wilayah Kerja    Puskesmas Babadan Kabupaten Ponorogo.

Jenis penelitian ini menggunakan obsevasi analitik kuantitatif dengan cross sectional. Populasi sebanyak 33 orang dengan pengambilan sampel menggunakan total sampling sebanyak 33 orang. Analisis data menggunakan uji chi-square untuk mengetahui Hubungan Pola Makan Dengan Kejadian Asam Urat        Pada Usia Dewasa 35-50 Tahun.

Pola makan responden sebagian besar berada pada kategori kurang baik (72,7%). Kondisi asam urat sebagian besar mengalami kurang baik (63,6%). Hasil anailisis data menunjukan bahwa p value 0,000 (< a (0,05)) sehingga terdapat Hubungan Pola Makan Dengan Kejadian Asam Urat.

Terdapat Hubungan Pola Makan Dengan Kejadian Asam Urat  Pada Usia Dewasa 35-50 Tahun Di Wilayah Kerja Puskesmas Babadan Kabupaten Ponorogo.

Downloads

Published

2023-07-24