PENGARUH PELATIHAN KOMUNIKASI TRAUPETIK BIDAN TERHADAP KEPUASAN IBU BERSALIN DI RUMAH SAKIT PERMATA HATI KISARAN
DOI:
https://doi.org/10.59894/jpkk.v5i3.981Keywords:
Komunikasi Teraupetik, Bidan, Kepuasan Ibu BersalinAbstract
Latar Belakang: Tingkat kepuasan pasien terhadap pelayanan di Rumah Sakit Permata Hati Kisaran tahun 2025 adalah 68% dari hasil wawancara yang dilakukan oleh peneliti kepada 15 pasien yang ada di Ruang Rawat Inap Ibu Bersalin di Rumah Sakit Permata Hati Kisaran. Dari hasil wawancara tersebut maka penulis tertarik untuk melakukan penelitian tentang “Pengaruh Pelatihan Komunikasi Teraupetik Bidan Terhadap Kepuasan Ibu Bersalin Di Rumah Sakit Permata Hati Kisaran. Tujuan: : Untuk mengetahui pengaruh pelatihan komunikasi teraupetik bidan terhadap kepuasan ibu bersalin yang dirawat di Rumah Sakit Permata Hati Kisaran. Metode: Penlitian ini merupakan penelitian quasy eksperiment dengan desain pre and post test with conrol group. Populasi dalam penelitian ini adalah 75 orang ibu bersalin dengan teknik pengambilan sampel menggunakan total sampling. Pada kelompok intervensi, Bidan yang memberikan asuhan kebidanan pada ibu bersalin diberikan pelatihan komunikasi teraupetik. Hasil: Didapatkan peningkatan kepuasan ibu bersalin yang bermakna terhadap pelayanan asuhan kebidanan yang diberikan Bidan yang telah mendapatkan pelatihan komunikasi teraupetik di Rumah Sakit Permata Hati Kisaran. Karakteristik yang mempengaruhi kepuasan ibu bersalin adalah Pendidikan terakhir ibu bersalin dan persepsi terhadap sakit. Karakteristik keluarga yang mempengaruhi kepuasan ibu bersalin adalah kelas ruangan pelayanan kebidanan yang dipilih. Kesimpulan: Kesimpulan dari penelitian ini yaitu kepuasan ibu bersalin akan meningkat setelah bidan mendapatkan pelatihan komunikasi teraupetik.
References
Anjaswarni, T (2022). Analisis tingkat kepuasan klien terhadap perilaku caring bidan di RSUD dr. Saiful Anwar Malang. Tesis Program Pascasarjana FIK-UI. Jakarta. Tidak dipublikasikan.
Anonim, Kepuasan pelanggan di rumah sakit, sebuah fenomena (http://www.balipost.co.id/BaliPostcetak/2022).
Anonim, Komunikasi, (http://id.wikepedia.org/wiki/Komunikasi diperoleh tanggal 12 Maret 2020).
Cahyanto, H. N., Zulkarnain, O., & Rahagia, R. (2024). Pengembangan Deteksi Dini Dan Asuhan Keperawatan Pada Kanker Menggunakan Artificial Intelligence (AI) Berbasis Web. Prepotif: Jurnal Kesehatan Masyarakat, 8(3), 7511-7518.
Lusa, J.S., (2021) Hubungan quality assurance dengan kepuasan pasien rumah sakit, ( http : // jsofian. wordpres. com/ 2007/ 04/ 17/ mengukur-kepuasan-pasien-rumah-sakit diperoleh tanggal 28 Desember 2021).
Pollit, D.F., Beck, C.T., & Hungler, B. P (2019). Essential of nursing research:Methods appraisal, and utilization (6th ed), Philadelphia: Lippincott. Williams & Walkins).
Ratnawati, P. (2020). Mengukur kepuasan masyarakat terhadap pelayanan pendidikan. Jurnal penelitian. http://www.depdiknas.go.id/jurnal/43-p.ratnawati.html. Ditelusuri tanggal 24 Mei 2020.
Rohyadi, Y. (2024). Analisis hubungan antara karakteristik demografi dengan kepuasan pasien tentang pelaksanaan fungsi komunikasi oleh biddan di ruang rawat inap dewasa Rumah Sakit Umum Cibabat. Jakarta. Program Pascasarjana FIK UI. Tidak diterbitkan.
Said, M. (2019). Analisis faktor-faktor yang berhubungan dengan kepuasan pasien rawat inap RSI Jakarta Tahun 2019. Jakarta. Program Pascasarjana FIK UI. Tidak dipublikasikan.
Setiasih, W. (2020). Hubungan antara kepuasan kerja bidan dengan kepuasan klien di Rumah Sakit Husada Jakarta. Program Pascasarjana FIK UI. Tidak dipublikasikan.
Suryawati, C., Dharminto, Zahroh, S. (2022). Penyusunan indikator kepuasan pasien rawat inap rumah sakit di Provinsi Jawa Tengah. Jurnal Manajemen Pelayanan Kesehatan, 09(4), 177-185.
Susanti, A.C. (2021). Analisis faktor-faktor yang berhubungan dngan kemampuan komunikasi teraupetik bidan pelaksana dalam asuhan kebidanan di RS Siloan Gleneagles Tahun 2021. Jakarta. Program Pascasarjana FIK UI. Tidak dipublikasikan.
Yansuri. (2024). Hubungan stress kerja dan karakteristik bidan dengan komunikasi teraupetik – klien di ruang rawat inap RSJ Provinsi Lampung. Jakarta. Program Pasacasarjana FIK UI. Tidak dipublikasikan.
Yasmi. (2022). Hubungan karakteristik pasien dan fasilitas perawatan dengan kepuasan pasien terhadap pelayanan kebidanan dan prosedur penerimaan pasien rawat inap di RSUD Dr. Achmad Mochtar Bukittinggi. Jakarta. Program Pascasarjana FIK UI. Tidak dipublikasikan.
https://doi.org/10.5430/jnep.v8n10p77
Tusnia, D., Priyanti, R. P., & Satus, A. (2017). Hubungan Beban Kerja Dengan Perilaku Caring Perawat Menurut Persepsi Klien di IGD RSUD JOMBANG ( The Correlation Of Work Load With Nurse ‘ S Caring Behavior According To Client ‘ S Perception At Igd Rsud Jombang ). Jurnal Ilmiah Keperawatan, 3(2).
Ugwu, F. O. (2017). Contribution of Perceived High Workload to Counterproductive Work Behaviors: Leisure Crafting as a Reduction Strategy. Practicum Psychologia, 7(2), 1–17. http://journals.aphriapub.com/index.php.pp
Watson, J., & Brewer, B. B. (2015). Caring science research: Criteria, evidence, and measurement. Journal of Nursing Administration, 45(5), 235–236. https://doi.org/10.1097/NNA.0000000000000190
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Lili Yuliana Tambunan, Nani Jahriani, Juliana

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
All articles published by Jurnal Penelitian Keperawatan Kontemporer (JPKK), the authors hold the copyright under license Creative Commons Attribution License.