EFEKTIFITAS PEMBERIAN JUS LABU SIAM TERHADAP PENURUNAN TEKANAN DARAH PADA PENDERITA HIPERTENSI DI DUSUN SENDANG GEDE DESA SAMBENG KASIMAN BOJONEGORO

Authors

  • Ariska Putri Hidayathillah Dosen Stikes Surabaya
  • Putri Pamungkas
  • Satya Julianti

DOI:

https://doi.org/10.59894/jpkk.v2i2.497

Keywords:

Kata Kunci : Hipertensi, Tekanan Darah, Labu Siam

Abstract

Latar Belakang: Hipertensi adalah suatu kondisi dimana tekanan darah meningkat di atas batas normal, yaitu lebih dari 140/90 mmHg. Hipertensi dapat dicegah dengan pengobatan obat maupun non obat. Untuk pengobatan non medis, Anda bisa menggunakan jus labu siam, karena mengandung potasium dan apigenin yang dapat menurunkan tekanan darah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas pemberian jus labu siam dalam menurunkan hipertensi pada penderita hipertensi di Dusun Sendang Gede Desa Sambeng Kabupaten Kasiman Bojonegoro Metode Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu yang melibatkan 30 orang dan sampel sebanyak 30 orang yang terdiri dari 3 kelompok dengan n = 10 disetiap kelompoknya. Analisis data menggunakan uji Kruskall-Wallis untuk mengetahui perbedaan efektifitas jus labu siam dan jus seledri terhadap penurunan tekanan darah pada pasien hipertensi. Pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner dan pra-pasca terapi Hasil menunjukkan adanya perubahan pemberian jus labu siam sebelum dan sesudah dosis p=0,003<; α = 0,05. Kemudian tekanan darah sebelum dan sesudah pemberian jus labu siam turun secara intermiten, namun tidak bermakna dengan p=0,157 >α=0,05 Kesimpulan pemberian jus labu siam efektif menurunkan tekanan darah pada pasien hipertensi di Dusun Sendang Gede, Desa Sambeng, Kecamatan Kasiman, Bojonegoro.

 

Kata Kunci : Hipertensi, Tekanan Darah, Labu Siam

 

References

Amin, Hadriyani. 2022. “Pengaruh Rebusan Daun Salam Terhadap Tekanan Darah Pada Lansia Penderita Hipertensi Di Puskesmas Mambi.” Jurnal Kesehatan Marendeng 6(2):15–22.
Anshari, Zaim. 2020. “Komplikasi Hipertensi dalam Kaitannya dengan Pengetahuan Pasien terhadap Hipertensi dan Upaya Pencegahannya.” Jurnal Penelitian Keperawatan Medik 2(2):54–61. doi: 10.36656/jpkm.v2i2.289.
Barus, Mardiati, Agustaria Ginting, and Agnes Juliana Turnip. 2019a. “Pengaruh Pemberian Mentimun terhadap Penurunan Tekanan Darah pada Penderita Hipertensi di Wilayah Kerja Puskesmas Pancur Batu Dusun IV Tanjung Anom.” Jurnal Mutiara Ners 2(2):230–37.
Barus, Mardiati, Agustaria Ginting, and Agnes Juliana Turnip. 2019b. “Terapi Jus Mentimun Menurunkan Tekanan darah pada Penderita Hipertensi.” 8.
Dhian Tyas Untari. 2018. Metodologi Penelitian : Penelitian Kontenporer Bidang Ekonomi Dan Bisnis. Banyumas, Jawa Tengah: CV. Pena Persada Redaksi.
Djaelani, Eka Kurnia Putra. 2015. “Pengaruh Sari Buah Labu Siam tehadap Perubahan Tekanan Darah pada Lansia Penderita Hipertensi di PSTW Budhi Luhur Kasongan Bantul Yogyakarta.” 13.
Djojoseputro, S. (2012). Seledri:Menjaga Kesehatan & Kecantikan. Stomata. Fajarsari, Yuliana. 2021. “Hubungan Tingkat Pengetahuan Tentang Hipertensi Dengan Perilaku Pencegahan Terjadinya Hipertensi Pada Jemaah Haji Di
Wilayah Kerja Puskesmas Kotagede I Yogyakarta.” Poltekkes Kemenkes Yogyakarta.
Fausi, Ahmad. 2018. “Pengaruh Pemberian Air Rebusan Seledri Terhadap Penurunan Tekanan Darah Pada Penderita Hipertensi (Studi Di Dusun Kemuning Desa Kemuning Kecamatan Tarik Sidoarjo).” STIKes Insan Cendekia Medika Jombang.
Hariawan, Hamdan, and Cut Mutia Tatisina. 2020. “Pelaksanaan Pemberdayaan Keluarga dan Senam Hipertensi sebagai Upaya Manajemen diri Penderita Hipertensi.” Jurnal Pengabdian Masyarakat Sasambo 1(2):75. doi: 10.32807/jpms.v1i2.478.
Hartati, Rizky Putri. 2022. “Pengaruh Jus Labu Siam Terhadap Tekanan Darah Pada Penderita Hipertensi Di Gereja Katolik Stasi ST. Yosef Sei-Sikambing Medan.”

Downloads

Published

2022-07-29

How to Cite

Hidayathillah, A. P., Pamungkas, P., & Julianti, S. (2022). EFEKTIFITAS PEMBERIAN JUS LABU SIAM TERHADAP PENURUNAN TEKANAN DARAH PADA PENDERITA HIPERTENSI DI DUSUN SENDANG GEDE DESA SAMBENG KASIMAN BOJONEGORO. Jurnal Penelitian Keperawatan Kontemporer, 2(2). https://doi.org/10.59894/jpkk.v2i2.497

Issue

Section

Articles