HUBUNGAN POLA ASUH ORANG TUA DENGAN KEMAMPUAN SOSIALISASI ANAK PRASEKOLAH

Authors

  • Hardiana Julianti Perawat, RSUD Lanto dg Pasewang, Jeneponto
  • Risnawati Jusmaeni Perawat, RSUD Lanto dg Pasewang, Jeneponto

DOI:

https://doi.org/10.59894/jpkk.v1i1.189

Keywords:

Pola asuh, orang tua, kemampuan sosialisasi, anak prasekolah

Abstract

Latar Belakang: Orang tua memiliki peranan penting dalam mengembangkan kemampuan sosialisasi anak, sebab orang tua merupakan sosok pertama dan utama dalam memberikan perlakuan terhadap anak yang diwujudkan dalam bentuk pola asuh. Tujuan: untuk mengetahui, menganalisis hubungan pola asuh orang tua dengan kemampuan sosialisasi anak di TK Islam Al- Hidayah Makassar. Metode: Desain penelitian deskriptif analitik dengan jenis penelitian cross sectional. Sampel pada penelitian ini adalah 35 orang anak termasuk orang tua dan siswa prasekolah yang memenuhi kriteria inklusi. Dan data didapatkan melalui kuesioner dan lembar observasi. Analisa data menggunakan uji Somer’s D.  Hasil: Hasil penelitian menunjukkan ada hubungan pola asuh orang tua dengan kemampuan sosialisasi anak prasekolah di TK Islam Al Hidayah Makassar dengan nilai (p = 0,022 < α  0,05 ). Kesimpulan: Kemampuan sosialisasi anak prasekolah dipengaruhi oleh gaya asuh orang tua.  Gaya asuh orang tua dengan demokratis dapat memfasilitasi kemampuan anak untuk bersosialisasi dibandingkan pola asuh orang tua dengan otoriter

References

Dewi (2018) Mengenal bentuk pola asuh orang tua (On Line) http://www.kabariindonesia.com, di askes 1 juli 2018.

Gunarsa, (2002) Psikologi perkembangan anak dan remaja, BPK Gudang Mulia. Jakarta.

Halawa, A., (2017) Hubungan pola asuh orang tua dengan prestasi belajar anak kelas 4 SD. Jurnal Keperawatan: Stikes William Booth Surabaya. 6(1).

Hurlock, E.B.1978. Perkembangan Anak. Jilid I. Edisi 6. Erlangga. Jakarta

Listyorini, D., & Zulaicha, E., (2017) Pengaruh bermain terhadap kemampuan sosialisasi anak selama menjalani perawatan di RSUP dr Sardjito. Jurnal berita ilmu keperawatan.

Mantali, R., Umboh, A., & Bataha, Yb (2018) Hubungan pola asuh orang tua degan kemandirian anak usia prasekolah di Tk Negeri Pembina Manado. Jurnal Keperawatan. 6(1).

Markum, A.H., (2002) Buku ajar ilmu kesehatan anak Jilid I. FKUI. Jakarta

Nugraha A., & Rahmawati, (2016) Metode pengembangan sosial emosional, Universitas Terbuka, Jakarta.

Ramadhani D.,Y., (2019) Perkembangan anak usia prasekolah yang diasuh oleh ibu bekerja dan tidak bekerja. Jurnal Ilmu Keperawatan dan Kebidanan, 11(1).

Santrock J., W., (2011) Masa perkembangan anak, terjemahan Indonesia. Salemba Humanika, Jakarta.

Sari, C.R., Hartati S., & Yetti, E. (2019) Peningkatan perilaku sosial anak melalui permainan tradisional Sumatera Barat. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. 3(2). DOI: 10.31004/obsesi.v3i2.225.

Supartini Y., (2018) Buku ajar konsep dasar keperawatan anak. EGC. Jakarta

Tarmudji (2017) Pola asuh orang tua dengan agresivitas remaja. Jurnal penelitian. Http// www.depdiknas.go.id di askes 2 juli 2018.

TK Islam Al hidayah (2018) Arsip Jumlah Peserta Didik tahun 2017-2018. TK Islam Al hidayah. Makassar.

Wong, L., D., (2009) Buku ajar keperawatan pediatrik. EGC. Jakarta.

Downloads

Published

2021-02-07

How to Cite

Julianti, H., & Jusmaeni, R. (2021). HUBUNGAN POLA ASUH ORANG TUA DENGAN KEMAMPUAN SOSIALISASI ANAK PRASEKOLAH. Jurnal Penelitian Keperawatan Kontemporer, 1(1), 10–15. https://doi.org/10.59894/jpkk.v1i1.189