Peran Nursing Huddle di Lingkungan Akademik: Tinjauan Literatur tentang Peningkatan Kerja Sama Tim dan Komunikasi di Kalangan Mahasiswa Keperawatan
DOI:
https://doi.org/10.59894/jpkk.v5i4.1008Keywords:
Nursing Huddle, Lingkungan Akademik, Kerja sama Tim, KomunikasiAbstract
Latar Belakang : Kerja sama tim yang efektif dan komunikasi yang jelas adalah landasan dari asuhan pasien yang aman dan berkualitas tinggi. Namun, mahasiswa keperawatan sering kali mempelajari keterampilan ini dalam lingkungan yang terfragmentasi dan individualistis. Tujuan : Nursing huddle, sebuah rapat berdiri singkat yang diadopsi dari praktik klinis, muncul sebagai alat pedagogis yang kuat dalam dunia akademik keperawatan untuk menjembatani kesenjangan ini. Metode : Tinjauan literatur ini mensintesis bukti-bukti yang ada mengenai implementasi dan dampak nursing huddle di lingkungan akademik, seperti laboratorium simulasi dan konferensi pasca-praktik klinik. Hasil : Temuan mengindikasikan bahwa huddle akademik menyediakan ruang terstruktur dan aman bagi mahasiswa untuk melatih teknik komunikasi vital, meningkatkan kesadaran situasional, serta menumbuhkan budaya kerja sama tim dan keamanan psikologis. Meskipun literatur sangat mendukung manfaatnya, masih terdapat kesenjangan terkait kurangnya model implementasi yang terstandarisasi dan studi longitudinal yang melacak transfer keterampilan ini ke dalam praktik profesional. Kesimpulan : Tinjauan ini menyimpulkan bahwa nursing huddle adalah strategi pendidikan berdampak tinggi dan berbiaya rendah yang secara langsung menjawab kompetensi inti dan mempersiapkan mahasiswa dengan lebih baik untuk realitas lingkungan kerja layanan kesehatan yang kolaboratif.
References
Anne McGrorty, DNP, RN,CPNP-PC Rita Ann Laske EdD, RN, CNE, 2016 Nursing Huddle in Academia: Improving Teamwork and Communication"
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Siti Zuhriyah S.Kep., Ns, Amelia Magdalena Kawengian, Hesky Frengky Ngongoloy, Fransisca Sri Murdiati, Budi Utomo

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
All articles published by Jurnal Penelitian Keperawatan Kontemporer (JPKK), the authors hold the copyright under license Creative Commons Attribution License.