Pengaruh Pemberian Puding Okra Terhadap Penurunan Kadar Gula Darah pada Penderita Diabetes Mellitus di RSI Siti Hajar Sidoarjo

  • Amila Nurdin Institut Kesehatan dan Bisnis Surabaya
  • Nurul Hidayati Institut Kesehatan dan Bisnis Surabaya
  • Fitria Fitria Institut Kesehatan dan Bisnis Surabaya
Keywords: Puding Okra, Penurunan Kadar Gula Darah

Abstract

Di Indonesia, angka kejadian penyakit tidak menular terus meningkat. Data Kementerian Kesehatan RI (2019) menyatakan bahwa persentase penyakit tidak menular mencapai angka 69,91%. Riskesdas, 2018 (Riset Kesehatan Dasar) menunjukkan bahwa dibandingkan Riskesdas 2013 prevalensi penyakit tidak menular mengalami peningkatan. Penyakit tidak menular yang dimaksud antara lain: penyakit kanker kenaikan dari 1,4% menjadi 1,8%; stroke angka 7% menjadi 10,9%; gagal ginjal kronik dari 2% menjadi 3,8%; Diabetes Melitus dari 6,9% menjadi 8,5% dan hipertensi dari 25,8% menjadi 34,1%. Pemberian puding okra pada penderita Diabetes Mellitus mampu menurunkan kadar glukosa darah. Okra mengandung serat yang tinggi yaitu 3,2 g, okra juga banyak mengandung mineral Ca 82 mg, K 299 mg, Fe 0,62 mg, vitamin C 23 mg dan karbohidrat 7,45 g, serta mengandung fenol dan flavonoid yang memiliki efek antioksidan dan efek anti diabetik.

Metode : Penelitian ini menggunakan metode quasy experimental dengan menggunakan rancang bangun yang bersifat pre-Post Test Group Design. Penelitian ini dilakukan pada bulan Agustus 2023. Sampel penelitian ini adalah penderita Diabetes Mellitus di RSI Siti Hajar Sidoarjo yang berjumlah 30 orang. Pengambilan data diperoleh dari jumlah populasi yang ada di RSI Siti Hajar Sidoarjo dan kuesioner data responden. Analisis data menggunakan uji T Berpasangan.

Hasil : Pada penderita Diabetes Mellitus di RSI Siti Hajar Sidoarjo setelah pemberian puding okra yang masuk kategori normal (20%). Kadar gula pasien Diabetes Mellitus di RSI Siti Hajar Sidoarjo setelah pemberian puding okra yang masuk kategori sedang (76,7%). Kadar gula pasien Diabetes Mellitus di RSI Siti Hajar Sidoarjo setelah pemberian puding okra yang masuk kategori buruk (3,3%). Hasil uji bivariat yang dilakukan menunjukkan ada pengaruh pemberian puding okra terhadap penurunan kadar gula darah pada penderita Diabetes Mellitus di RSI Siti Hajar Sidoarjo.

Published
2023-07-31