HUBUNGAN TINGKAT KECEMASAN DENGAN KUALITAS TIDUR SELAMA PEMBELAJARAN ONLINE PADA MAHASISWA FAKULTAS KESEHATAN IKBIS SURABAYA

Authors

  • Priska Arlinda Permata Putri Institut Kesehatan dan Bisnis Surabaya
  • Ariska Putri Hidayathillah Institut Kesehatan dan Bisnis Surabaya
  • Denis Farida Institut Kesehatan dan Bisnis Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.30643/info%20kesehatan.v13i02.598

Keywords:

Kecemasan, Kualitas Tidur, Mahasiswa, Pembelajaran Online

Abstract

Kecemasan dan gangguan kualitas tidur merupakan masalah yang sering terjadi pada mahasiswa. Kecemasan adalah emosi atau perasaan yang timbul sebagai respon awal terhadap suatu stress psikis dan meningkatnya ancaman bagi suatu individu. Kualitas tidur adalah ukuran dimana individu mendapatkan kemudahan dalam memulai tidur sehingga individu mendapatkan kepuasan pada keesokan harinya. Pembelajaran online yang sedang berlangsung saat ini terjadi perubahan kecemasan dan kualitas tidur yang buruk.

             Metode dalam penelitian ini adalah menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan design penelitian cross sectional. Sampel dalam penelitian ini adalah mahasiswa Fakultas Kesehatan di Institut Kesehatan dan Bisnis Surabaya sebanyak 254 mahasiswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling. Pengumpulan data secara online dengan menyebarkan kuesioner. Analisa data menggunakan uji Spearman Rank.

    Hasil penelitian dari tingkat kecemasan dengan kualitas tidur bedasarkan Uji Spearman Rank didapatkan nilai ρ = 0,000, karena nilai ρ = 0,000 <0,05, maka disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang kuat antara tingkat kecemasan dengan kualitas tidur selama pembelajaran online pada mahasiswa Fakultas Kesehatan di Institut Kesehatan dan Bisnis Surabaya.

             Terdapat hubungan secara signifikan antara tingkat kecemasan dengan kualitas tidur selama pembelajaran online pada mahasiswa Fakultas Kesehatan.

Downloads

Published

2023-07-31