PENGETAHUAN DAN SIKAP MEMBACA LABEL INFORMASI NILAI GIZI DENGAN PERILAKU PEMILIHAN PANGAN KEMASAN PADA GENERASI MILENIAL
Keywords:
Label Informasi Gizi, Perilaku Pemilihan, Pangan Kemasan, Generasi MilenialAbstract
Tren kesehatan dan kebugaran merupakan prioritas gaya hidup keseharian generasi milenial dalam interaksi sosial dan gaya hidup sehat dengan memanfaatkan perangkat wearable device dan aplikasi smartphone (Lorinsa & Irwansyah; Siradj, 2018; Antoni & Suharjana, 2019.) Menurut survei Nielsen’s Global Health & Wellness, 70% generasi milenial rela membayar lebih untuk makanan yang memiliki label pangan.
Jenis penelitian observasional analitik berupa desain penelitian survey kuantitatif menggunakan pendekatan cross sectional dengan teknik simple random sampling without replacement.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebesar 70% pengunjung memiliki pengetahuan yang cukup dalam membaca label informasi nilai gizi. Sebesar 83,3%pengunjung memiliki sikap sangat baik dalam membaca label informasi nilai gizi. Sebesar 30% pengunjung menjawab selalu memilih pangan kemasan.
Hasil uji statistik pada penelitian ini menunjukkan bahwa tidak terdapat hubungan antara pengetahuan membaca label informasi nilai gizi dengan perilaku pemilihan pangan kemasan (p > 0,05). Namun, terdapat hubungan antara sikap membaca label informasi nilai gizi dengan perilaku pemilihan pangan kemasan (p< 0,05).