KETERKAITAN PENDIDIKAN DAN PELATIHAN DENGAN PENINGKATAN KINERJA PERAWAT DI RUANG MELATI RSUD KOTA KOTAMOBAGU

Authors

  • Heriyana Amir Institut Kesehatan dan Teknologi Graha Medika
  • Suci Rahayu Ningsih Institut Kesehatan dan Teknologi Graha Medika

DOI:

https://doi.org/10.30643/info%20kesehatan.v11i1.195

Keywords:

Pendidikan, Pelatihan, Kinerja Perawat

Abstract

 Secara umum perawat mempunyai tanggung jawab dalam memberikan asuhan keperawatan, meningkatkan ilmu
pengetahuan dan meningkatkan diri sebagai profesi. Tanggung jawab memberikan asuhan keperawatan kepada
pasein mencakup aspek bio-psiko-kultural-spiritual dalam upaya pemenuhan kebutuhan dasarnya dengan
menggunakan proses keperawatan yang berlaku. Penelitian ini bertujuan untuk hubungan pendidikan dan pelatihan
dengan peningkatan kinerja perawat di Ruang Melati RSUD Kota Kotamobagu. Penelitian ini menggunakan
metode cross sectional, dengan sampel 41 responden, pengambilan sampel menggunakan rumus Total Sampling.
Analisa yang digunakan ialah univariat dan bivariat dengan menggunakan uji Chi Square. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa terdapat hubungan pendidikan dengan peningkatan kinerja perawat (p=0,017 < 0,05) dan
terdapat hubungan pelatihan dengan peningkatan kinerja perawat (p=0,001 < 0,05) di Ruang Melati RSUD Kota
Kotamobagu. Berdasarkan hasil penelitan ini disimpulkan terdapat hubungan pendidikan dan pelatihan dengan
peningkatan kinerja perawat di Ruang Melati RSUD Kota Kotamobagu. Penelitian ini menyarankan Bagi rumah
sakit agar dapat melakukan pelatihan keperawatn untuk meningkatkan kinerja yang dilakukan perawat serta bagi
perawat yang baru berpendidikan DIII agar dapat meningkatkan pendidikan kejenjang yang lebih tinggi untuk
meningkatkan ilmu meningkatkan kinerja demi peningkatan mutu pelayanan.

Downloads

Published

2021-01-26