STRATEGI PEMASARAN SUSU SAPI PERAH DALAM MENINGKATKAN PEREKONOMIAN KELUARGA
Abstract
Kabupaten Ponorogo khususnya di Desa Pudak Kulon merupakan daerah yang mengembangkan peternakan sapi perah rakyat. Peternakan sapi perah rakyat merupakan salah satu sumber penghasil bahan pangan berupa susu yang mempunyai nilai ekonomi tinggi dalam kehidupan masyarakat di Desa Pudak Kulon Kecamatan Pudak Kabupaten Ponorogo. Prospek fitnah susu sapi perah rakyat di pasar dalam negeri cukup bagus, karena para penggemar menggambarkannya perlahan meningkat. Namun peternak sapi perah rakyat di Desa Pudak Kulon mempunyai permasalahan yang menjadi kendala selama ini yaitu produksi yang belum mampu memenuhi kebutuhan pasar dan lemahnya informasi pasar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) efisiensi biaya pada kegiatan usaha peternakan sapi perah rakyat di Desa Pudak Kulon, (2) strategi pemasaran sapi perah rakyat di Desa Pudak Kulon. Metode yang digunakan adalah deskriptif. Metode pengambilan sampel dengan wawancara, dokumentasi, angket. Alat analisis data yang digunakan adalah analisis R/C Ratio, analisis strategi pemasaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) penggunaan biaya produksi pada peternakan sapi perah efisien dengan R/C rasio sebesar 1,2. strategi positioning produk, strategi pemasaran “tempat/distribusi” dengan melakukan jenis pasar dan daya rusak. Strategi pemasaran “harga” adalah dengan menggunakan metode penetapan harga berdasarkan permintaan yaitu skimming pricing, strategi pemasaran “promosi” untuk mempromosikan produksi sapi perah rakyat yang berasal dari Desa Pudak Kulon yang dilakukan secara langsung atau disebut juga dengan personal sales.