PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, HARGA DAN SUASANA CAFE TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PADA PT BOJONG KONENG BERSATU (BOBER CAFE) DI SURABAYA

Authors

  • Petrus Yohanes Nautu Institut Kesehatan Dan Bisnis Surabaya
  • Moehammad Budi Widajanto Institut Kesehatan Dan Bisnis Surabaya

Keywords:

Kualitas Pelayanan, Harga, Suasana Cafe Dan Kepuasan Pelanggan

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji kualitas pelayanan, harga dan suasana cafe secara simultan dan parsial terhadap kepuasan pelangan pada Bober Cafe di Surabaya. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah persepsi kualitas pelayanan, harga dan suasana cafe. Sedangkan variabel terikat adalah kepuasan pelanggan pada Bober Cafe di Surabaya. Dalam penelitian ini, penentuan sampel dilakukan dengan metode purposive sampling. Sampel yang digunakan sebanyak 96 responden. Teknik analisis menggunakan analisa regresi linier berganda. Sebelum dilakukan uji hipotesis dilakukan uji reliabilitas dan validitas. Hasilnya adalah semua variabel valid dan reliabel, hasil uji F menunjukan Fhitung > F tabel dengan signifikansi 0,000. Dengan demikian menguji kualitas pelayanan, harga dan suasana cafe secara simultan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan pada Bober Cafe di Surabaya. Hasil uji t menunjukkan masing-masing variabel dengan signifikansi lebih kecil dari 0,05. Namun pada variabel harga menunjukan hasil yang tidak berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan.

Downloads

Published

2023-07-31