ANALISIS PENGARUH RETURN ON ASSET, RETURN ON EQUITY, DEBT TO EQUITY RATIO TERHADAP FINANCIAL DISTRESS PADA PERUSAHAAN REAL ESTATE YANG TERDAFTAR DI BEI PERIODE 2017-2021

Authors

  • Yanti Lambe' Palinggi' IKBIS
  • Pinky Pininta Dewi Institut Kesehatan dan Bisnis Surabaya

Keywords:

Return On Assets, Return On Equity, Debt To Equity Ratio, Financial Distress

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh meningkatnya keinginan para investor untuk investasi saham pada bidang real estate yang semakin tumbuh dari tahun ke tahun. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis besarnya hubungan rasio keuangan seperti Return On Asset, Return On Equity, Debt To Equity Ratio dalam memprediksi Financial Distress perusahaan ditinjau dari kinerja keuangan perusahaan Real Estate yang terdaftar di BEI Periode 2017-2021.

      Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode kuantitatif, karena data yang diperoleh berupa angka yang didapat melalui laporan keuangan. Model analisis yang digunakan yaitu analisis statistik dengan uji asumsi klasik (Uji Normalitas, Uji Multikolinearitas, Uji Autokorelasi, Uji Heteroskedastisitas), uji linier berganda, uji korelasi dan uji hipotesis (Uji F dan Uji t).

      Hasil penelitian ini menunjukan adanya pengaruh simultan dari variabel ROA, ROE, DER dalam memprediksi Financial Distress. Berdasarkan hasil uji f, diperoleh nilai signifikan sebesar 0.000 dan Fhitung sebesar 49.149 dengan tingkat signifikasi 5% dimana Ftabel =  (k; n-k) = (3; 50-3) = (3; 47) = 2.80. Karena nilai Fhitung 49.149 > nilai Ftabel 2.80 dan tingkat signifikan 0,000 < 0,05, maka H0 ditolak dan Ha diterima dan dapat disimpulkan bahwa hipotesis yang di ajukan oleh peneliti diterima yaitu terdapat pengaruh secara simultan antara variabel ROA, ROE, DER dalam memprediksi Financial Distress. Hasil uji yang ke dua yaitu secara parsial menyatakan bahwa variabel ROA, ROE, DER yang memiliki pengaruh paling besar atau dominan terhadap Financial Distress adalah variabel ROA  dengan thitung 10.115 lebih besar dari Return On Equity dengan thitung -6.809 dan DER dengan thitung 4.61.

 

Downloads

Published

2023-01-31