Strategi Pemasaran Susu Sapi Perah Dalam Meningkatkan Perekonomian Keluarga Di Desa Pudak Kulon Kecamatan Pudak Kabupaten Ponorogo
Keywords:
SAPI PERAH, SUSU SEGAR, STRATEGI PEMASARANAbstract
Kabupaten ponorogo, khususnya di Desa pudak kulon merupakan daerah yang mengembangkan peternakan sapi perah rakyat. Peternakan sapi perah rakyat merupakan salah satu sumber penghasil bahan makanan berupa susu yang memiliki nilai ekonomis yang tinggi di dalam kehidupan masyarakat di Desa pudak kulon Kecamatan pudak Kabupaten ponorogo. Prospek peternakan susu sapi perah rakyat di pasar domestik cukup baik, karena penggemarnya berangsurangsur meningkat. Namun demikian peternak susu sapi perah rakyat di Desa pudak kulon memiliki permasalahn-permasalahan yang menjadi kendala hingga saat ini, yaitu produksi yang belum mampu mencukupi kebutuhan pasar dan lemahnya informasi pasar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) efisiensi biaya pada kegiatan usaha peternakan susu sapi perah rakyat di Desa pudak kulon , (2) strategi pemasaran susu sapi perah rakyat di Desa pudak kulon. Metode yang digunakan adalah deskriptif . Metode pengambilan sampel secara wawancara ,dokumentasi,kuisioner. Alat analisa data yang digunakan adalah analisis R/C Ratio, analisis strategi pemasaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Penggunaan biaya produksi pada usahatani sapi perah efisien dengan nilai R/C ratio sebesar 1,2 Hal ini menunjukkan bahwa pengusaha ternak sapi perah mampu mengalokasikan biaya produksinya secara efisien, (2) strategi pemasaran “produk” dengan menggunakan strategi positoning produk, strategi pemasaran “tempat/distribusi” dengan melakukan jenis pasar dan perishability. Strategi pemasaran “harga” yaitu dengan menggunakan metode penetapan harga berbasis permintaan yaitu skimming pricing, Strategi pemasaran “promosi” untuk mempromosikan produksi susu sapi perah rakyat yang berasal dari Desa pudak kulon yang telah dilakukan secara langsung atau disebut juga dengan personal selling.