Strategi Pemasaran Pada Ternak Ayam Ras Pedaging (Boiler) Di Ud. Manunggal Jaya Kecamatan Sambikerep Kota Surabaya

Authors

  • Dinda Wulan Sari Institut Kesehatan dan Bisnis
  • Dadang Arjogunawan Institut Kesehatan dan Bisnis

Keywords:

Strategi, faktor

Abstract

Usaha ini di didirikan oleh Bpk. H.Sapi‟i pada tahun 1990 dimana usaha ini bermula dirintis dari berjualan ayam potong dengan gerobak hingga mempunyai ternak ayam sendiri sehingga menarik untuk diteliti. Usaha yang didirikan di daerah kecamatan Sambikerep kota Surabaya ini merupakan daerah yang sudah sangat padat penduduk disini pengusaha mempunyai peluang untuk bisa mempunyai pelanggan dengan mudah. Untuk memasok kebutuhan pengusaha makanan dibidang ayam pedaging biasanya para pengusaha tersebut mengambil dari hasil ternak ayam Bpk. H Sapi‟i. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat proses pemasaran bisnis ayam ternak potong pedagang ras (boiler). Jenis penelitian kualitatif deskriptif. Hasil dari penelitian ini adalah faktor – faktor pendukung dalam strategi pemasaran di UD. Manunggal Jaya adalah penyiapan yang terstruktur dan sistematis, panen ayam dengan kualitas yang bagus, strategi pemasaran dengan metode word of mouth, lingkungan pengusaha yang dapat menerima masukan. Sedangkan, faktor yang menjadi penghambat keberhasilan strategi di UD. Manunggal Jaya adalah pada kesiapan strategi pemasaran modern yang dimana pengusaha tidak pernah mencoba dalam hal berbisinis secara online untuk pemasarannya. Sementara kesiapan dan ilmu untuk memulai pemasaran online pengusaha tidak dan belum ada upaya yang dilakukan untuk menstimulasi faktor tersebut. Sedangkan pada era ini semua pemasaran maupun pengusaha yang baru merintis usahanya menggunakan media online agar banyak yang mengetahui dan banyak peminatnya.

Downloads

Published

2023-01-31