PENGARUH KESADARAN WAJIB PAJAK, KUALITAS PELAYANAN, DAN PEMAHAMAN PERATURAN PERPAJAKAN TERHADAP KEPATUHAN WAJIB PAJAK ORANG PRIBADI DI KOTA SURABAYA

Authors

  • IMAS HANUM FAUZIA INSTITUTE KESEHATAN DAN BISNIS SURABAYA
  • Ibrahim Ingga Institut Kesehatan dan Bisnis Surabaya
  • Haris Hasan Sunarto Institut Kesehatan dan Bisnis Surabaya

Keywords:

Kesadaran Wajib Pajak, Kualitas Pelayanan, Pemahaman Peraturan Perpajakan, Kepatuhan Wajib Pajak

Abstract

Kesadaran wajib pajak untuk membayar pajak tepat waktu akan mempengaruhi tinggi rendahnya terhadap kepatuhan wajib pajak. Tidak semua wajib pajak dapat memahami aturan maupun prosedur implementasi pelaporan pajak yang benar. Kurangnya pemahaman mengenai peraturan perpajakan menjadikan wajib pajak tidak patuh.

Adalah untuk Mengetahui dan menjelaskan pengaruh Kesadaran Wajib Pajak, Kualitas Pelayanan, dan Pemahaman Peraturan Perpajakan secara simultan dan parsial. Teknik pengumpulan menggunakan kuesioner. Pengambilan responden dengan jumlah 100 Wajib Pajak Orang Pribadi yang telah di Sensus Pajak Nasional dan terdaftar di KPP Pratama Surabaya Rungkut. Analisis data menggunakan Statistik Deskriptif, Uji Instrumen, Uji Asumsi Klasik dan Regresi Linier Berganda.

Penelitian menunjukkan secara simultan variabel Kesadaran Wajib Pajak, Kualitas Pelayanan, dan Pemahaman Peraturan Perpajakan berpengaruh signifikan terhadap kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi pada KPP Pratama Surabaya Rungkut.

Downloads

Published

2023-01-31