PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, PERSEPSI HARGA DAN LOKASI TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN BERBELANJA DI SWALAYAN SUPERINDO KOTA SURABAYA

Authors

  • Achmad Dzainullah Institut Kesehatan dan Bisnis Surabaya
  • Moehammad Budi Widajanto Institut Kesehatan dan Bisnis Surabaya

Keywords:

Kualitas Pelayanan, Persepsi Harga

Abstract

Skripsi ini bertujuan mengetahui pengaruh kualitas pelayanan, persepsi harga dan lokasi terhadap kepuasan konsumen berbelanja di swalayan superindo kota Surabaya. Skripsi ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan data penelitian yang digunakan data primer. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen member yang berbelanja dari bulan januari – september 2021 di Superindo Dharmahusada kota Surabaya, yang jumlahnya 1.500 member, lalu penentuan sampel dilakukan dengan rumus Slovin dan menghasilkan sebanyak 94 responden. Teknik analisis menggunakan analisa regresi linier berganda. Sebelum dilakukan uji hipotesis dilakukan uji validasi dan reliabilitas. Hasilnya adalah semua variabel valid dan reliabel, Nilai Fhitung sebesar 94.056 dengan tingkat signifikansi 0,000 < 0,05. Dengan demikian keputusan yang diambil Ho ditolak dan Ha diterima. Hal ini berarti bahwa pelayanan (X1), persepsi harga (X2) dan lokasi (X3) berpengaruh secara bersama-sama (simultan) terhadap variabel terikat kepuasan konsumen (Y). sehingga hipotesis pertama dapat diterima kebenarannya. Hasil uji t menunjukkan kualitas pelayanan (X1), persepsi harga (X2) dan lokasi (X3) secara parsial berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen.

Downloads

Published

2022-05-31