PENGARUH KUALITAS PRODUK, DESAIN PRODUK, DAN PERSEPSI HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN ICE CREAM DIAMOND DI SURABAYA

Authors

  • Abdus Salam Institut Kesehatan dan Bisnis Surabaya
  • Moehammad Budi Widajanto Institut Kesehatan dan Bisnis Surabaya

Keywords:

Kualitas produk, Desain Produk, Persepsi harga, Keputusan pembelian

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah kualitas produk, desain produk, dan persepsi harga langsung mempunyai pengaruh yang simultan terhadap keputusan pembelian ice cream Diamond di Surabaya. Serta untuk mengetahui diantara salah satu dari variabel Kualitas Produk, Desain Produk, dan Persepsi Harga secara parsial berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian ice cream Diamond Di Surabaya. Sampel penelitian ini adalah konsumen yang berada di area Kota Surabaya. Pengolahan data penelitian dilakukan dengan menggunakan bantuan Software SPSS for windows versi 25. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa adanya pengaruh simultan dari variabel kualitas produk, desain produk, dan persepsi harga terhadap variabel keputusan pembelian dengan hasil berdasarkan hasil dari uji F, diperoleh nilai Fhitung sebesar 5.292 > Ftabel sebesar 2,70 dan nilai signifikan sebesar 0,002 < 0,05 sehingga H0 ditolak dan H1 diterima atau dengan kata lain terbukti bahwa secara bersama-sama variabel bebas dalam penelitian ini yang terdiri dari Kualitas Produk (X1), Desain Produk (X2), dan Persepsi Harga (X3) berpengaruh secara simultan signifikan terhadap variabel terikat yaitu Keputusan Pembelian (Y). Dan dari hasil uji yang ke dua yaitu diduga salah satu dari variabel Kualitas Produk (X1), Desain Produk (X2), dan Persepsi Harga (X3) secara parsial berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian (Y) ice cream Diamond Di Surabaya, adalah variabel kualitas produk (X1) dengan hasil nilai thitung sebesar 3.081 > ttabel sebesar 1,98472 dan nilai signifikan 0.003 < 0.05 maka H0 ditolak dan H1 diterima, sehingga secara parsial variabel Kualitas Produk (X1) berpengaruh signifikan terhadap variabel Keputusan Pembelian (Y).

Downloads

Published

2022-05-31