PENGARUH VARIABILITAS HARGA POKOK PENJUALAN, MARGIN LABA KOTOR DAN FINANCIAL LEVERAGE TERHADAP PEMILIHAN METODE AKUNTANSI PERSEDIAAN PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA (BEI) PERIODE 2017 -2020

Authors

  • Rosalina Setia Institut Kesehatan dan Bisnis Surabaya
  • Gani Latiefah Institut Kesehatan dan Bisnis Surabaya

Keywords:

Variabilitas Harga Pokok Penjualan, Margin Laba Kotor, Financial Leverage Pemilhan Metode Akuntansi Persediaan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pemilihan yang mempengaruhi keputusan perusahaan untuk menggunakan metode penilaian persediaan dalam laporan keuangannya. Penelitian ini menguji tiga variabel independen yang diuji, variabilitas harga pokok penjualan, margin laba kotor, dan financial leverage Sedangkan variabel dependen, yaitu metode FIFO dan Average.

Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan manufaktur yang terdaftar di bursa Indonesia antara tahun 2017-2020 Penelitian ini menggunakan metode purposive sampling untuk menentukan sampel. Analisis data dilakukan dengan menggunakan SPSS versi 16.

Hasil penelitian adalah: (1) Variabilitas harga pokok penjualan tidak berpengaruh terhadap pemilihan metode akuntansi persediaan, (2) margin laba kotor tidak berpengaruh terhadap pemilihan metode akuntansi persediaan, (3) financial leverage tidak berpengaruh terhadap pemilihan metode akutansi persediaan.

Downloads

Published

2021-11-30