Pengaruh Persepsi Harga, Diskon Harga, dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Giant Supermarket Rungkut Surabaya

Authors

  • Eko Budiyanto

Keywords:

Price, Discount Price, Service Quality, Customer Loyalty

Abstract

Ada beberapa faktor penentu kepuasan konsumen diantaranya adalah persepsi harga, diskon harga dan kualitas pelayanan. Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah persepsi harga, diskon harga dan kualitas pelayanan berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan pada Giant supermarket Rungkut Surabaya secara parsial dan simultan. Dimana Giant merupakan salah satu jaringan retail terbesar di Indonesia. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui adanya pengaruh persepsi harga, diskon harga dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen pada pada Giant supermarket Rungkut Surabaya secara parsial dan simultan. Variabel dalam penelitian ini adalah persepsi harga (X1), diskon harga (X2), dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen (Y). Metode pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis regresi linear berganda menggunakan SPSS release 17. Hasil penelitian diperoleh persamaan regresi linear berganda Y =  2,440 + 0,059 X1 + 0,062 X2 + 0,336 X3 + e. Uji parsial (uji t) menunjukkan bahwa persepsi harga berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen, harga berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan. Uji simultan (uji F) menunjukkan bahwa persepsi harga, diskon harga dan kualitas pelayanan. berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan secara simultan.

Downloads

Published

2018-11-30