Analisa Pengaruh Produk, Persepsi Harga dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan (Studi Kasus Pada JUSON HOME FURNITURE di Kabupaten Sidoarjo)
Keywords:
Produk, Persepsi Harga, Kualitas Pelayanan, Kepuasan PelangganAbstract
Kini dunia bisnis semakin hari semakin berkembang, dan banyak kompetitor yang tidak dapat dihindari, khusunya dalam industri mebel kayu, sehingga menimbulkan persaingan yang semakin kompetitif. Hal ini menjadi sautu ancaman bagi perusahaan mebel termasuk JUSON Home Furniture di kabupaten Sidoarjo. Dalam membedakan produk mebel JUSON Home Furniture dengan produk mebel lain, maka perusahaan JUSON Home Furniture memberikan merek pada setiap produknya dan menciptakan persepsi harga saing serta memberikan pelayanan terbaik demi kepuasan pelanggan.
Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh signifikan produk terhadap kepuasan pelanggan mebel pada JUSON Home Furniture di kabupaten Sidoarjo, pengaruh signifikan persepsi harga terhadap kepuasan pelanggan mebel pada JUSON Home Furniture di kabupaten Sidoarjo, dan untuk mengetahui pengaruh signifikan kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan mebel pada JUSON Home Furniture di kabupaten Sidoarjo serta untuk mengetahui pengaruh produk, persepsi harga, dan kualitas pelayanan secara simultan berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan mebel pada JUSON Home Furniture di kabupaten Sidoarjo.
Penelitian ini menggunakan desain penelitian deskriptif dan asosiatif serta menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah konsumen yang membeli produk mebel JUSON Home Furniture. Sampel penelitian ini adalah konsumen yang membeli produk mebel JUSON Home Furniture di Jalan Raya Ngelom No 62 kecamatan Taman kabupaten Sidoarjo dalam 1 tahun pada penjualan tahun 2016 sebanyak 168 orang. Pengumpulan data penelitian ini menggunakan teknik penyebaran kueisoner. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: (1) produk mempunyai pengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan mebel pada JUSON Home Furniture di kabupaten Sidoarjo, dengan demikian hipotesis pertama dinyatakan diterima dan terbukti kebenarannya; (2) persepsi harga mempunyai pengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan mebel pada JUSON Home Furniture di kabupaten Sidoarjo, dengan demikian hipotesis kedua dinyatakan diterima dan terbukti kebenarannya; (3) kualitas pelayanan mempunyai pengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan mebel pada JUSON Home Furniture di kabupaten Sidoarjo, dengan demikian hipotesis ketiga dinyatakan diterima dan terbukti kebenarannya; (4) produk, persepsi harga, dan kualitas pelayanan secara simultan mempunyai pengaruh terhadap kepuasan pelanggan mebel pada JUSON Home Furniture di kabupaten Sidoarjo, dengan demikian hipotesis keempat dinyatakan diterima dan terbukti kebenarannya.