Penilaian kinerja dengan penerapan balanced scorecard pada PT. Monier Indonesia

Authors

  • Z Zindra

Keywords:

Kinerja, Balance Scorecard

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh bukti empiris tentang penerapan konsep balanced scorecard penilaian kinerja penerapan balanced scorecard  pada PT. Monier Indonesia yang berkaitan dengan perspektif pertumbuhan dan pembelajaran, proses bisnis internal, pelanggan, dan finansial.  Berdasarkan hasil analisis menunjukkan bahwa kinerja perusahaan dengan menggunakan empat perspektif balanced scorecard  : (1) Kinerja perspektif pembelajaran dan pertumbuhan menunjukkan bahwa perusahaan dapat meningkatkan kemampuan kerja karyawan dan menciptakan kondisi kerja yang baik. (2) Kinerja perspektif proses bisnis internal menunjukkan bahwa perusahaan dapat meningkatkan kualitas dan pengembangan produk, efektivitas serta efisiensi proses produksi. (3) Kinerja perspektif pelanggan menunjukkan bahwa perusahaan dapat memberikan kepuasan pelanggan cukup baik terutama bagi pelanggan baru, sehingga dapat meningkatkan petumbuhan pelanggan. (4) Kinerja perspektif finansial menunjukkan bahwa perusahaan belum dapat mencapai tingkat kemampulabaan (profitabilitas) sesuai dengan misi yang telah dirumuskan, akan tetapi dapat meningkatkan penjualan (sales growth).

Downloads

Published

2016-06-30