Edukasi Cara Menggosok Gigi pada Anak Berkebutuhan Khusus

Authors

  • Pranessia Anggrasari Dosen STIKes Surabaya

Keywords:

Anak, Kebutuhan Khusus, Edukasi, Gigi

Abstract

Kegiatan menggosok gigi pada anak adalah aspek utama untuk menjaga kesehatan. Jikalau gigi sehat dan bersih akan membuat hubungan komunikasi dengan orang lain akan menjadi lebih nyaman. Anak tuna grahita memiliki keterlambatan fungsi kognitifnya sehingga dapat membuat terganggunya kebiasaan yang dilakukan anak secara umum, seperti kegiatan menggosok gigi. Anak tuna grahita cenderung kurang terampil dalam melakukan kegiatan tersebut. Jikalau mereka tidak melakukan pembersihan gigi secara tepat akan membuat permasalah karies gigi kedepannya. Tim pengabdian kepada Masyarakat bersama fasilitator melakukan kegiatan ini selama 2 hari. Kegiatan pertama dilakukan observasi awal untuk beradaptasi dengan siswa. Kegiatan selanjutnya yaitu identifikasi kemampuan awal menggosok gigi pada anak tuna grahita, memberikan edukasi, dan demonstrasi secara langsung terkait cara menggosok gigi. Hasil yang didapatkan dari observasi awal sebanyak 59% anak belum mampu melakukan gosok gigi secara mandiri dan banyak tekhnik yang keliru. Sehingga pemberian edukasi yang interaktif melalui video maupun nyanyian yang diberikan oleh tim dapat memberikan pemahaman kepada siswa secara lebih. Berdasarkan kondisi di atas, pembiasaan gosok gigi secara bertahap dan terus-menerus dapat meningkatkan kemandirian anak dalam melakukan kegiatan sehari-hari, khususnya pada anak berkebutuhan khusus.

Downloads

Published

2025-03-31