PELAYANAN KONSELING KELUARGA BERENCANA DENGAN TINGKAT KEPUASAN PASIEN DI PUSKESMAS DOLO

  • Misnawati Misnawati Program Studi DIII Kebidanan Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Widya Nusantara Palu
Keywords: Pelayanan Konseling, Keluarga Berencana dan Kepuasan Pasien

Abstract

Keluarga berencana (KB) merupakan usaha untuk mengukur jumlah anak dan jarak kelahiran anak yang diinginkan maka dari itu pemerintah mencanangkan program atau cara untuk mencegah dan menunda kehamilan. Ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan dalam memilih kontrasepsi. Metode kontrasepsi yang baik ialah kontrasepsi yang memiliki syarat-syarat, aman atau tidak berbahaya, dapat diandalkan, sederhana, murah, dapat diterima oleh orang banyak, dan pemakaian jangka lama (continution rate tinggi).

Jenis penelitian ini adalah kuantitatif analitik dengan pendekatan Cross Sectional. Penelitian kuantitatif analitik adalah penelitian ilmiah yang sistematis terhadap bagian-bagian dan fenomena serta hubungan-hubungan.  Tujuan penelitian kuantitatif adalah mengembangkan dan menggunakan model-model matematis, teori-teori dan atau hipotesis yang berkaitan dengan fenomena alam. Adapun uji  yang digunakan pada penelitian ini adalah uji statistik Fisher Exact dengan derajat kepercayaan 95% dan nilai kemaknaan 0,05.

Menunjukkan bahwa dari 23 responden terdapat 20 responden (87,0%) puas dengan pelayanan konseling KB dan 3 responden (13,0%) kurang puas dengan pelayanan konseling KB. Dari 8 responden pelayanan koseling KB baik terdapat 0 responden (0%) puas dengn pelayanan konseling KB dan 8 responden (100%) kurang puas dengan pelayanan konseling KB. Hasil uji Fisher’s Exact nilai p=0,000(<0,05), maka ada hubungan pelayanan konseling KB dengan tingkat kepuasan pasien di Puskesmas Dolo.

Published
2022-01-31