Dukungan orang tua terhadap tingkat stres anak sekolah dasar dimasa pandemi di Banyuwangi

  • Minanton Minanton Politeknik Negeri Subang https://orcid.org/0000-0002-6697-5076
  • Dias Mutiara Kasih Institut Kesehatan dan Bisnis Surabaya
  • Octo Zulkarnain Institut Kesehatan dan Bisnis Surabaya
Keywords: Dukungan orang tua, pandemi, stres

Abstract

Latar Belakang: Pergeseran dari pembelajaran tradisional ke online di rumah membutuhkan pelayanan kepada siswa sekolah dasar karena menimbulkan stres. Untuk mencegah stres psikologis dan mengoptimalkan pembelajaran, orang tua harus aktif mendukung anaknya. Tujuan: untuk mengetahui hubungan antara dukungan orang tua dengan tingkat stres siswa sekolah dasar. Metode: Penelitian ini menggunakan penelitian korelasional dengan pendekatan cross sectional. Dilakukan di SDN 3 Glenmore Banyuwangi, dengan populasi 45 siswa kelas 6 dan menggunakan teknik total sampling. Instrumen pengumpulan data adalah kuesioner dukungan orang tua dan Modified Depression Anxiety Stress Scales (DASS 42). Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan spearmen rho. Hasil: Anak mendapatkan dukungan orang tua dengan dominasi yang cukup, sedangkan sebagian besar anak mengalami stres ringan dan sedang. Hubungan dukungan orang tua dengan tingkat stres anak saat pandemi di SDN 03 Sepanjang Glenmore Banyuwangi signifikan dengan p-value 0,002. Kesimpulan: Dukungan orang tua berhubungan dengan tingkat stres pada anak selama pembelajaran daring di rumah, semakin rendah dukungan orang tua maka kemungkinan anak mengalami stres semakin tinggi dan sebaliknya.

References

Creswell, J.W. (2014) Research design : qualitative, quantitative, and mixed methods approaches. edition 4. London: SAGE Publications.

FRIEDMAN, M.M. (2013) Buku ajar Keperawatan keluarga riset, teori dan praktik. Jakarta: EGC.

Health Focus Psychology Services (2022) Depression Anxiety and Stress Scale DASS (-42). Available at: https://www.healthfocuspsychology.com.au/tools/dass-42/ (Accessed: 1 July 2022).

Kasmayanti (2014) ‘Optimesme remaja penyandang cacat akibat kecelakaan’, Jurnal Fakultas Psikologi [Preprint].

Kemenkes (2020) Protokol Kesehatan Penanganan COVID-19. Available at: https://www.kemkes.go.id/article/view/20031600003/Protokol-Kesehatan-COVID-19.html (Accessed: 26 June 2021).

Komite Penanganan COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN) (2020) ‘Kebijakan PSBB di Wilayah DKI Jakarta: Mulai 14 September 2020’, (September), pp. 1–23.

Minanton;, M., Oktavia;, L.R.D. and Maulini, M. (2021) ‘Penyesuaian Perawatan Kanker Selama Masa Pandemi Covid-19 : Pengalaman Perawat Kanker’, Jurnal Penelitian Keperawatan Kontemporer, (27), pp. 90–97.

Oktawirawan, D.H. (2020) ‘Faktor Pemicu Kecemasan Siswa dalam Melakukan Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19’, Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 20(2), p. 541. Available at: https://doi.org/10.33087/jiubj.v20i2.932.

Raharjo, D.B. and Sari, R.R.N. (2020) ‘Belajar Online di Tengah Corona, Ada Siswa Mengeluh Tensi Darah Naik’, Suara.com. Available at: https://www.suara.com/news/2020/03/19/205940/belajar-online-di-tengah-corona-ada-siswa-mengeluh-tensi-darah-naik.

Raihana (2020) ‘Pengelolaan Emosi Ibu Pada Anak Selama Pembelajaran Dari Rumah’, Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 3(4), pp. 132–139. Available at: https://journal.uir.ac.id/index.php/generasiemas/article/download/5820/2963/.

Satuan Tugas Penanganan COVID-19 (2021) Peta persebaran kasus COVID-19. Jakarta. Available at: https://covid19.go.id/peta-sebaran-covid19 (Accessed: 24 January 2021).

Sugiyono (2017) Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, R & D. Bandung: CV. Alfabeta.

Sumirat, K.A.N. (2013) ‘Peranan Orang Tua Dalam Membentuk Kemandirian Anak Usia Dini’, p. 9.

Susilo, A. et al. (2020) ‘Coronavirus Disease 2019 : Tinjauan Literatur Terkini Coronavirus Disease 2019 : Review of Current Literatures’, Jurnal Penyakit Dalam Indonesia, 7(1), pp. 45–67.

Twistiandayani, R. and Handika, S.R. (2015) ‘Hubungan Dukungan Keluarga Dengan Penerimaan Diri Ibu Yang MempunyaiAanak Autis’, Journals of Ners Community, 6(2), pp. 143–149.

UNESCO (2020) COVID-19 impact on education. Available at: https://en.unesco.org/covid19/educationresponse (Accessed: 26 June 2021).

Yasin, A.S. and Dzulkifli, M.A. (2011) ‘Differences in depression, anxiety and stress between low-and high-achieving students’, Journal of Sustainability Science and Management, 6(1), pp. 169–178.

Published
2023-01-30
How to Cite
Minanton, M., Kasih, D., & Zulkarnain, O. (2023). Dukungan orang tua terhadap tingkat stres anak sekolah dasar dimasa pandemi di Banyuwangi. Jurnal Penelitian Keperawatan Kontemporer, 3(1), 6-10. https://doi.org/10.59894/jpkk.v3i1.457
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.